Penandatanganan MoU antara USAID SEGAR dengan Credit Union Keling Kumang tentang Pengembangan Sawit Berkelanjutan dan MoU antara USAID SEGAR dengan PT. Hutan Kencana Damai tentang Restorasi Ekosistem

Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Barat , Dra. Mahmudah, MM., menghadiri Penandatanganan MoU antara USAID SEGAR dengan Credit Union Keling Kumang tentang Pengembangan Sawit Berkelanjutan dan MoU antara USAID SEGAR dengan PT. Hutan Kencana Damai tentang Restorasi Ekosistem pada Rabu (20/03) bertempat di Mercure Hotel Pontianak. Turut hadir Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si, Plh. Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalbar, Kabid. Penyuluhan, Pengolahan, Pemasaran dan Pembinaan Usaha Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalbar, Kabid. Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Prov. Kalbar, Kabid. Perencanaan Fisik dan Prasarana dan Sumber Daya Bappeda Prov. Kalbar, Kabid. Perencanaan Ekonomi Bappeda Prov. Kalbar, dan beberapa Perencana Bappeda Prov. Kalbar.


Selain dari jajaran Pemerinta Provinsi Kalimantan Barat, turut hadir Ir. Medrilzam, M.Prof. Econ, PhD, Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Bappenas, Mark Newton, Environment Deputy Office Director USAID Indonesia, Peter Doyle, Chief of Party USAID SEGAR, Dadang Muttaqin, Coordinator of USAID STEM Program Bappenas, dan Hermayani Putera selaku Site Manager USAID SEGAR Kalimantan Barat.


Penandatanganan kesepakatan ini diharapkan dapat berkontribusi pada target dan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam menerapkan prinsip ekonomi hijau yang inklusif sebagaimana dituangkan di dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2024-2026.


Dalam pidato arahannya, Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si, mengutarakan bahwa pemerintah provinsi Kalimantan Barat mengapresasi inisiatif kerja sama USAID SEGAR dengan CU KK dan PT HKD ini yang sejalan dengan RPD Provinsi Kalimantan Barat 2024-2026 yang mengusung tema Meningkatkan Produktivitas Masyarakat dan Daya Saing yang Berketahanan dan Berkelanjutan. “Secara lebih khusus, terdapat dua prioritas daerah di dalam RPD 2024-2026. Pertama, meningkatkan kualitas hidup sumber daya manusia yang berdaya saing; dan kedua, meningkatkan ketahanan terhadap bencana melalui penguatan kualitas lingkungan hidup,” ujarnya.


Selanjutnya Dra. Mahmudah, MM turut menyampaikan rasa terima kasih terhadap inisiatif USAID SEGAR selama tiga tahun terakhir yang telah banyak memberikan kontribusi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Harapannya, pada tahun 2024, USAID SEGAR dapat mendukung Bappeda Prov. Kalbar dalam proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Teknokratik Tahun 2025-2029.

Tinggalkan komentar