Universitas Negeri Pontianak ?

Ketika saya ditanya, apa hal konkrit yg dapat dilakukan Pemerintah Kota untuk memajukan Kualitas SDM?

BANYAK solusi yg bs saya tawarkan, tetapi terdapat 1 solusi yg sangat realistis dan logis untuk dikerjakan serta belum diangkat oleh orang lain yakni mendirikan Universitas Negeri Pontianak (UNP).

Ini termasuk ide liar jika melihat aspek anggaran yang diperlukan. Namun, akan mnjadi efisien jika dapat terlaksana melalui skema akuisisi ataupun penyerahan dari aset Perguruan Tinggi (PT) Swasta menjadi aset Pemerintah seperti UPN Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Adapun, saran kampus yg sekirany dpt diakuisisi yakni STIE Pontianak.

Lalu, mengapa saya memilih ide ini?

1. Dekonsentrasi Planologis. Pemerataan pembangunan sangat diperlukan dalam rangka pengembangan wilayah dan mengurangi kesenjangan antar wilayah. Konsep ini akan akan meningkatkan ‘derajat’ Pontianak Timur.

2. Kampus ini berada di Pontianak Timur dan sangat dekat dengan Kampung Beting. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar kampus. Beting akan menjadi Pogung ataupun Dago-nya Pontianak. Akan tercipta lapangan usaha baru seperti kos-kosan, laundry, jasa komputer, rumah makan, dsb yang berhubungan dengan dunia kemahasiswaan.

3. Kampus adalah ‘pabrik’ pencetak SDM berkualitas, sedangkan salah satu cara meningkatkan kualitas kampus yakni dgn berkompetisi. ITB smakin bgs krn ad UNPAD. UGM smakin bgs krn ad UMY UII ATMA. UI smakin bgs krn ad Trisakti. Dan UNTAN akan semakin bgs karena ada UNP.

4. Mengakuisisi/ me-Negeri-kan kampus swasta membutuhkan investasi yang lebih kecil dibanding membangun sebuah kampus baru. Tentunya hal ini membutuhkan koordinasi dan konsekuensi pengangkatan dosen PTS menjadi ASN. Pihak-pihak yang dapat dilibatkan dalam hal ini yakni DIKTI, Kopertis, Pemprov, dan Kemendagri.

5. Dengan memiliki PTN ‘pribadi’, maka akan membuka pintu beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu di kota Pontianak. Jika selama ini terdapat Alokasi Hibah Pendidikan kepada PTN tertentu, maka dengan adanya kampus lain alokasi tersebut dapat diarahkan ke UNP.

6. STIE Pontianak memiliki bidang ilmu ekonomi yang merupakan kebutuhan bagi masyarakat Urban. Sebagaimana kita ketahui, lapangan usaha Perkotaan lebih banyak bergerak di sektor Jasa dan Perdagangan.

7. STIE Pontianak masih memiliki lahan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan Fakultas dan Jurusan lain. Adapun, dari segi lokasi terletak strategis yakni di tepi jalan arteri.

8. UNTAN, Pemkot, dan Pemprov memiliki sumber daya ASN yang cukup mumpuni untuk mensupport kampus ini pada tahap awal hingga ketersediaan Dosen tetapnya terpenuhi.

Well, ini hanya sekedar ide liar yang rasional. Jika setuju silahkan share agar didengar oleh banyak pihak terkait.

Salam,

Yodha – KHA Project

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s