Sistem Pergudangan Rakyat Komunal Produk Pertanian

(Sumber Gambar: Tugas Pribadi Studio Perencanaan II Kab. Karanganyar)

Keterbatasan lahan permukiman, keterbatasan akses jalan, permodalan, dan  sulitnya pemasaran merupakan beberapa tantangan yang dihadapi oleh petani khususnya di kawasan tertinggal.

Solusi yang telah diterapkan oleh pihak terkait (termasuk Pemerintah) yakni melalui pembangunan Agropolitan. Strategi ini berbasiskan keterpaduan dalam pengelolaan wilayah. Namun, tidak dipungkiri Agropolitan termasuk Program yang ‘padat modal’.

Mengantisipasi hal itu, inovasi yang dapat dilakukan yakni membuat Agropolitan skala mikro (RT atau RW). Salah satunya melalui pembangunan Sistem Pergudangan Komunal.

Apa itu Sistem Pergudangan Komunal?

Sistem pergudangan komunal yakni tempat penyimpanan hasil pertanian bersama dengan fungsi tambahan sebagai market/pasar sehingga diharapkan mendekatkan pelanggan dengan produsen produk pertanian.

Selama ini setiap Keluar petani memiliki pergudangan sendiri-sendiri. Akibatnya, lahan yang semula digunakan untuk pekarangan ataupun permukiman, beralihfungsi menjadi tempat penyimpanan. Hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan penghuni disekitarnya. Kasus lain, tidak semua petani menetap pada lokasi yang memiliki akses jalan lingkungan yang baik ataupun dekat dengan jalan besar (Kolektor ataupun Primer).

Sistem Pergudangan Komunal akan menyelesaikan masalah-masalah di atas. Pergudangan skala RT ini akan di tempatkan dekat dengan jalan utama/jalan besar. Adapun beberapa manfaat yang diperoleh antara lain:

  1. terciptanya pasar baru skala RT
  2. mempermudah proses pengawasan dan pengendalian harga
  3. terwujudnya keterpaduan sistem berbasis masyarakat
  4. petani tidak bergantung pada kondisi jalan lingkungan
  5. membuka lapangan kerja/kesibukan baru khususnya bagi ibu-ibu dalam mengelola pergudangan

 

Model pergudangan komunal ini dapat pula diadopsi ke dalam sistem perkandangan ternak komunal. Selain mempermudah pengelolaan limbah, strategi ini juga dapat meningkatkan kenyamanan di lingkungan permukiman petani.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s