Hutan Mangrove Surabaya: Hijau di Tengah Kemajuan

Mengunjungi Hutan Mangrove Surabaya merupakan bagian dari Tour de Surabaya beberapa waktu lalu. Di latar belakangi oleh Kuliah Tambahan dari Ibu Risma (Walikota Surabaya) tentang Ruang Terbuka Hijau, akhirnya tercetuslah rencana untuk ke Surabaya.

IMG_1358

Papan Informasi

IMG_1388


IMG_1427

IMG_4675

Papan Informasi

IMG_4711

Foodcourt

IMG_4716

IMG_4721

IMG_4755

IMG_4757

Hutan Mangrove Surabaya terletak di Sebelah Timur Kota Surabaya. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan lindung yang cukup mudah diakses masyarakat, sehingga pada hari-hari libur ataupun weekend dipenuhi oleh pengunjung.

Berdasarkan ketersediaannya, fasilitas yang dimiliki kawasan ini dapat dikatakan cukup baik. Sayangnya, karena keterbatasan sarana penerangan, kawasan ini tidak dapat dikunjungi pada malam hari. Kelebihan kawasan ini yakni keanekaragaman tanaman dan hewan yang dimiliki, serta biaya/ ongkos masuk yang gratis.

Keberadaan kawasan ini menjadi penyeimbang ditengah perkembangan kota Surabaya yang semakin maju dari waktu ke waktu. Selain daripada itu, jika Kota Metropolitan sekelas Surabaya mampu mempertahankan kawasan seperti ini, maka sudah selayaknya pula Kota-Kota lain di Indonesia mampu menirunya, minimal bagi Kota Besar ataupun Menengah.

nb: Trims kepada rekan-rekan MPKD UGM yang terlah berpartisipasi pada Tour kali ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s