6 Kerja Sosial bagi Pelaku Tipiring

Selama ini pelaku Tipiring (Tindak Pidana Ringan) terkadang hanya mendapat teguran. Mau dibawa ke persidangan lalu masukin penjara ya Kasian. Masa pelaku coret-coret tempok disatukan dengan bandar narkoba atau pembunuh berantai. Namun, klo tidak dihukum ya kasian juga.
Bangsa ini tidak lazim menerapkan Kerja Sosial sebagai sanksi kepada pelaku Tipiring. But, kenapa g dicoba. Berikut 6 kerja sosial yang dapat diterapkan bagi pelaku tipiring:

1. Membersihkan Tempat Ibadah.

Memungut sampah udah terlalu mainstream. Dari SD sampe SMA sanksinya itu aja. Nah, membersihkan Masjid, Gereja, Pura, ataupun Vihara selain meningkatkan kebersihan, juga meningkatkan kenyamanan beribadah. Selain itu, sanksi ini akan mendekatkan pelaku tipiring dengan dengan Sang Maha Pencipta. Gak perlu lah lama-lama, cukup selama seminggu.
2. Mengajar PAUD.
Tidak semua orang memiliki nilai akademis yang baik, sehingga sulit baginya untuk mengajar di SD, SMP, atau SMA. Namun, klo ngajar di Playgroup atau TK pastinya bisa donk y. Minimal ngajak bermain, menggambar, mewarnai, susun balok, syukur-syukur bisa ketemu MACAN TERNAK (Mama Cantik Anter Anak)😛
3. Ronda Malam.
Siapa bilang menjaga lingkungan itu enak? Gangguan dari makhluk astar (yang pengen eksis) terkadang lebih dominan daripada gangguan manusia. Karena itu, g ada salahnya pelaku tipiring disuruh bantu jaga lingkungan di malam hari.
4. Menjadi Tour Guide
Bekerja di Museum, Candi, Pantai, Air Terjun, dsb terkesan enak, tapi lama-lama bosan juga om. Nah, dimusim libur gini, pengunjung kan banyak, daripada cuma di tegur, lebih baik pelaku tipiring kita suruh tuh jadi tour guide. Itung-itung mengurangi beban petugas🙂
5. Mengikuti Pentas Budaya
Terinspirasi dari film apa gitu, udah lupa (a walk to remember klo g salah), pelaku tipiring disuruh ada mengikuti pentas budaya. Mo joget2 (nari) atau drama bebas sesuai dengan event yang ada ditiap daerah. lumayan kan dapat figuran gratis.
6. Romusha Halus
Tiap daerah pasti memiliki potensi yang berbeda-beda, misal pertanian, perikanan, tambang, atau kehutanan, dsb. Pada wilayah pesisir bisa saja pelaku tersebut kita suruh ikut nelayan cari ikan di laut. But, ntr keuntungannya y dibagi secara adil. Lumayan kan, jalanin hukuman, tapi dapat uang. Klo lahan sawah banyak, disuruh cetak sawah juga bisa.
Anda punya ide lain? silahkan di komen🙂

One thought on “6 Kerja Sosial bagi Pelaku Tipiring

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s