Tinjau Ulang Sertifikasi Guru

ANDA mungkin memiliki anak, cucu, saudara, ataupun mungkin Anda sendiri adalah sebagian pelajar Pontianak yang rutin mengikuti les/kurus/bimbingan belajar. Ini merupakan bukti bahwa minat untuk menuntut ilmu telah mengakar pada perilaku masyarakat sehari-hari. Namun, jika memperhatikan kenyataan dilapangan, menjadi pertanyaan bagi ane, sbnarnya pendidikan dsekolah sdh cukup atw belum sih? Bukankah telah berjalan Progfam Sertifikasi Guru sehingga seharusnya kualitas pendidikan di sekolah meningkat. Bener g?

Mundur kebelakang sedikit, secara umum ada beberapa faktor penyebab siswa mengambil bimbingn belajar yaitu:
1. Kebutuhan akan ilmu yg masih kurang dari sekolah
2. Tipe siswa yg tidak/kurang mampu belajar mandiri
3. Mengikuti teman

Mungkin masih terdapat beberapa faktor penyeban lain, hanya saja ane cm mo fokus pada faktor pertama. Idealnya dengan adanya sertifikasi guru siswa dapat memperoleh peningkatan kualitas pembelajaran, sehingga tidak perlu lagi mengambil jam tambahan seperti untuk bimbingan belajar. Namun kenyataannya, semakin banyak guru yang sertifikasi semakin menjamur pula bimbingan belajar dri waktu ke waktu. It’s okay if the parents have a lot of money, but how about the others???

Tujuan utama sertifikasi guru adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sedangkan tujuan lainnya yakni untuk meningkatkan kesejahteraan guru selaku pahlawan tanpa tanda jasa. NAMUN, jika seorang guru yang tersertifikasi tidak mampu meningkatkan kualitas si-pelajar, ane mau sertifikasi ditinju ulang.

Jika kemudian kurikulum menjadi kambing hitam, maka seharusnya kurikulum tersebut yang dievaluasi. Jangan sampai pelajar mesti tunggang langgang mengejar kurikulum di luar jam sekolah yang notabene TIDAK TUNTAS diajarkan oleh si guru. Terakhir, jika bener sertifikasi itu berhasil, maka seharusnya tidak ada lagi istilah sekolah unggulan. Lha, guru-gurunya kan sudah tersertifikasi, kualitasnya sama donk yaaa… jadi, klo mau masuk SMP/SMA cukup make undian aja….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s