Perbatasan adalah Wajah Negara

Amerika Serikat menghabiskan $600 Juta untuk mengelola kawasan perbatasannya dengan Meksiko (Sumber Kompas). Anggaran sebesar ini diarahkan untuk patroli perbatasan, inspektur kepabeanan, dan upaya penegakan hukum. Kita bagaimana?

Perbatasan darat Indonesia – Malaysia dapat kita ibaratkan perbatasan AS – Meksiko. Masalah yang dihadapi juga sama, penyelundupan manusia, dan barang, keamanan, serta penegakan hukum. Hanya saja, Indonesia mengalami permasalahan ketertinnggalan, kemiskinan, serta keterbatasan Infrastruktur.

Perbatasan adalah pintu masuk Indonesia, wajah terdepan NKRI. Baik buruknya Indonesia dapat kita liat bagaimana beranda depan  ini dikelola. Hinngga saat ini, pembangunan belum 100% menyentuh kawasan perbatasan. Jadi, dengan kata lain pembangunan belum berhasil di Indonesia.

Perbatasan adalah kawasan yang kaya SDA, bersifat strategis, dan rawan akan bahaya Tran-nasional. Bayangkan jika kita tidak mengelola kawasan ini dengan tepat. Jangan salahkan kita penyelundupan sangat tinggi, dan jangan salahkan juga jika masyarakat perbatasan menuntut perubahan warga negara ataupun referendum. Paling sialnya lagi, jangan salah TNI juga jika kemudian ‘kalah’ dalam mempertahankan perbatasan di kemudian hari. Apakah orang-oang di Jakarta paham bahwa Tank-Tank dan Panser kita memiliki ruang gerak yang terbatas di perbatasan karena 1 alasan, Infrastruktur jalan kurang.

Indonesia bukan cuma Jawa. Masih ada Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Jangan memprioritaskan pembangunan di Jawa hanya karena Penduduknya lebih banyak. Banyangkan jika kemudian hari Jawa ‘dikeroyok’ kekuatan militer internasional atau bahkan bencana alam yang maha besar. Apa yang bakal tersisa dari Indonesia?

Mari kita berubah, memajukan perbatasan demi NKRI tercinta… Maju perbatasanku, maju Indonesia..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s