Pajak Pencemaran Udara

Global Warming (GW)… telah menjadi isu yang cukup menggema pada abad ini. Hampir semua negara di dunia (kec Amerika Serikat) meratifikasi Protokol Kyoto dengan tujuan bersama untuk  menekan laju Global Warmin. Ini membuktikan adanya keseriusan warga dunia untuk menanggulangi GW.

global_warming_is_uncool

Indonesia yang dikenal sebagai paru-paru dunia sangat diharapkan peran dan dukungannya dalam menanggulangi (bencana) GW. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 didunia dan negara dengan luas hutan tropis terbesar ke-2 didunia, Indonesia memegang peran strategis dibandingkan negara-negara lain.

Salah satu sumber GW adalah sisa-sisa proses pembakaran bahan bakar fosil pada beberapa aktivitas manusia seperti industri, rumah tangga, dan transportasi. Penduduk Indonesia yang banyak berdampak pula pada tingginya jumlah aktivitas yang dijalani penduduk tersebut. Menyingkapi hal tersebut, tentu perlu usaha ekstra dalam penanggulangan GW. Sayangnya, sebagai sebuah negara miskin arah pembangunan Nasional masih terfokus kepada pembangunan bid. Sarana Prasarana, bid. Kesehatan, Bid. Ekonomi, dan bid. Pendidikan, sedangkan bid. Lingkungan Hidup kurang mendapatkan porsi anggaran yang sesuai.

Penulis memiliki ide untuk pemberlakuan Pajak Pencemaran Udara. Mengapa perlu? Sadar atau tidak, udara kita sudah cukup tercemar, sedangkan usaha ‘penjernihan’ udara memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dari mana biaya tersebut jika tidak dianggarkan??

Jika pajak ini mengikat sektor industri serta pemilik kendaraan bermotor se Indonesia, baayangkan berapa dana yang dapat kita kumpulkan??? jika sebuah kendaraan bermotor roda 2 dikenakan pajak sebesar Rp 10.000,- pertahun , roda 2 sebesar Rp 20.000,- pertahun , dan pabrik industri dikenakan biaya Rp 100.000, – 250.000,-  berapa anggaran yang kita miliki untuk penanggulangan GW?  10 juta kendaraan roda 2 saja sudah dapat menyediakan anggaran sebesar  Rp 1.000.000.000.000,- ( 1 Trilyun Rupiah)

WOW………

sebuah angka yang cukup besar dan dapat digunakan untuk Reboisasi Hutan, Riset carbon, Riset energi alternatif, penghijauan kota, dsb..(MYM)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s